Cara Merubah Fungsi Tombol Walkman di Android

How to change function buttons WalkmanSebelumnya pasti pada tahu apa fungsi tombol walkman, yup untuk memulai musik karena dulu saya adalah penggemar Custom Rom, dan saya agak sedikit tidak suka dengan yang namanya aplikasi “Walkman” dan punya alternatif untuk mengganti pemutar media musik saya dengan PowerAMP yang lebih enteng dan berfitur menarik menurut saya. Pada awalnya saya bingung mau dibuat apa tombol walkman, tapi pernah terfikirkan pasti ada cara untuk mengganti fungsi tombol ini, dan setelah di oprek² nemu juga, dan sekarang kecintaan dengan Custom Rom semakin menjadi jadi, saat ini saya sedang menggunakan Rom MIUI pada hp WT19i Kesayangan saya yang black ini, dan Rom Zelly Cream V6 pada WT19i white saya, lalu bagaimana cara menggantinya? inilah sedikit tips buat ganti fungsi tombol walkman jadi tombol play dan pause. Syarat² nya, HP dalam keadaan ROOTED. Baik, langsung saja anda pergi ke /root/sytem/usr/keylayout/ lalu temukan file pm8058-keypad.kl Di sini saya menggunakan aplikasi X-Plore untuk pergi dan mengedit file tersebut. Nah selanjutnya buka & edit file pm8058-keypad.kl dengan editor agan, temukan key 200

Key 200 adalah key Walkman, jika hp anda tidak ada tombol walkman berarti tidak bisa, hanya tombol yang teregistrasi yang bisa anda ganti, misal Camera ada pada tombol 212 jika di ganti seperti kode di bawah maka tombol itu tidak akan bekerja sebagai tombol kamera lagi. Melainkan menjadi tombol play dan pause media, 528 kamera fokus dsb. Cari kode seperti di bawah ini:

# WALKMAN key
key 200   MUSIC

nah anda ganti dengan

key 200   MEDIA_PLAY_PAUSE      WAKE

Jika anda tidak menyalin tulisan saya di atas, maka pastikan space antara PAUSE dan WAKE sama seperti atasnya, setelah itu simpan dan reboot hp anda,  dan tombol walkman akan bekerja langsung sebagai play dan pause media, ini akan bekerja pada terakhir kali anda membuka aplikasi media, jika anda membuka Walkman maka play pause bekerja pada Walkman, jika PowerAMP maka ketika ditekan akan play pause musik yg ada di PowerAMP, video juga bisa jika dalam ke adaan WAKE atau layar hidup, Double Tombol Walkman juga berfungsi buat ganti lagu, jika aplikasi sudah disetting, dan double tombol walkman bekerja mirip atau bahkan sama jika anda double klik pada tombol headshet agan, sebetulnya tombol walkman juga bisa bekerja untuk membuka aplikasi musik lainya, hanya kita musti tau vendornya,  saya juga masih belum tahu dan masih cari dari dulu gimana agar bisa buka app PowerAMP :-D begitulah sedikit tipsnya.
semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan agan2 sekalian,, terimakasih sudah membaca ;-)


Bagikan ke yang lain


  • Ilah

    Kak gimana carae